Solusi Disleksia
Terlengkap
DISLEKSIA
PREVALENSI DISLEKSIA
-
5.3% - 11.8% di United States (US) (Katusic et al., 2001)
-
9.7% - 12.6% di Hong Kong (Chan et al., 2007)
-
Belum ada penelitian mengenai Disleksia di Indonesia, namun diperkirakan mencapai 3 hingga 10% pada skala internasional
DAMPAK DISLEKSIA (BOWMAN ET AL., 2010)
-
Mengurangi kepercayaan diri
-
Kesulitan beradaptasi dalam lingkungan akademis
-
Kesulitan menyelesaikan pekerjaan
-
Kesulitan mendapatkan pekerjaan
PENAMPILAN DISLEKSIA
-
Kesulitan untuk membaca, misalnya: kemampuan membaca dibawah usia secara rata-rata dan salah membaca kata-kata yang umum (contoh: "taman" dengan "tanam").
​
-
Kesulitan untuk pelafalan dan penulisan, misalnya: bingung mengenali huruf atau kata yang mirip secara sekilas (contoh: "b" atau "d" dan "pada" atau "dada".
INFORMASI UMUM
MENGENAI DISLEKSIA
DEFINISI
-
Kesulitan Belajar Khusus (KBK) yang berasal dari neurobiologis (Asosiasi Disleksia Internasional, 2002).
​
-
Kesulitan dalam membaca yang tidak terduga dan pada umunya disebabkan oleh kesulitan dalam memproses fonologi (S. Res. 284, 115th Cong, 2017).
GEJALA YANG MIRIP DISLEKSIA
-
Kesulitan dalam membaca, misalnya: kemampuan membaca dibawah usia secara rata-rata dan seringkali salah membaca kata-kata umum yang mirip (contoh: "taman" dengan "tanam").
-
Kesulitan dalam mengeja dan menulis, misalnya: kesulitan untuk membedakan huruf atau kata yang mirip secara sekilas (contoh: "b" atau "d" dan "pada" atau "dada").
STATISTIK DISLEKSIA
-
5.3% sampai 11.8% di Amerika Serikat (Katusic et al., 2001);
-
9.7% sampai 12.6% di Hongkong (Chan et al., 2007);
-
Belum ada penelitian mengenai Disleksia di Indonesia, namun diperkirakan mencapai 3 hingga 10% pada skala internasional.
MASALAH KESULITAN BELAJAR
SPECIFIC LEARNING DIFFERENCES
DYSLEXIA CENTER INDONESIA
GoWork Sampoerna Strategic
Sampoerna Strategic Square North Tower 11F,
Jl. Jenderal Sudirman No.Kav. 45, Karet Semanggi, Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12930